Sabtu, 03 Januari 2015

Instalasi Tenaga Kapal

Sistem Penggerak 

(a).   Poros Trust (poros dorong) 
        Sebuah  mesin kapal harus diperlengkapi dengan poros trust ( poros dorong) dan
     bantalan-bantalan  untuk  menopang  dorongan  yang  dihasilkan  kapal  selama
     gerakan  maju dan  mundur.  Pada  mesin  kecil,  poros  trust  dan  bantalan-bantalan
     ada  di  dalam  tempat  gigi  transmisi  yang  dihubungkan  langsung  dengan  mesin.
    Kinii banyak bantalan  ball (bola)  dan  bantalan rolltirus (taper  roll bearing) yang
    dipakai. Besarnya daya dorong (trust) per daya kuda (horse power) adalah sekitar
    10-13 kg. Untuk itu pada daya 50 HP, sekitar 600 kg. Daya dorong dihasilkan.
              Gambar. Instalasi Sistem Penggerak ( Sumber Yanmar Diesel, 1980 )

(b).   Poros penghubung
         Poros  penghubung  ini  terletak  diantara  poros  dorong  (trust  shaf)  dan  poros
      propeller.  Pada  beberapa  kapal  poros  ini  ditiadakan,  dan  juga  dikapal-kapal
      dimana  mesin  itu  merupakan  bagian  penggerak,  yaitu  dengan  menyambung poros propeller.

(c).   Poros propeller dan tabung stern (buritan) 
         Bantalan  yang  ada  dimana  saat  poros  propeller  keluar  dari  buritan  kapal
      dinamakan  tabung  stern  (stern  Tube),  dan  menopang  poros  tersebut  pada
      permukaan  bantalannya  oleh  lignumvitae  (kayu  pok)  atau  oleh  semacam
      potongan  bantalan  yang  dimasukkan  ke  dalamnya.  Poros  pro[peller  keluar
      melalui tabung stern dan terhubungkan pada sebuah poros perantara atau poros
      dorong  diujung  posisi/  kedudukan  maju,  pada  ujung  conis  (miring)  adalah
      tempat duduknya propeller, poros propeller diklasifiksikan menjadi dua klas.
 
1. Poros propeller klas 1.  
    Umumnya banyak dipakai, poros ini dibuat dari baja tempa yang dilapisi dengan
kuningan (brass) sepanjang poros tersebut. Ada juga poros yang dilapisi oleh dua
atau lebih lapisan kuningan dengan karet terlapis diantaranya. Poros-poros yang
dibuat dengan kuningan yang dirol  banyak dipakai untuk kapal-kapal kecil.

2. Poros Propeller Klas 2 
    Poros  yang  tidak  termasuk  poros  propeller klas  1,  seperti  poros  propeller  yang
terbuat dari bahan stainles steel, dan sebagainya.

(d).   Poros Propeller dengan peralatan naik /turun.
      Beberapa  kapal  kecil  mempunyai  peralatan  naik/turun  yang    terpasang  pada
poros propeller  sedemikian  rupa, maka bila kapal tersebut kandas atau melalui
perairan yang dangkal, poros tersebut dapat diangkat naik



   Gambar Poros propeller dan Tabung Stern ( Sumber Yanmar Diesel, 1980 )

(e).   Propeller (Kipas) 
          Untuk  tujuan  analitis,  sebuah  propeller  dapat  dibayangkan    sebagai  sebuah
    sekrup  yang  berulir  besar.  Bila  berputar,  propeller  tersebut  mengulir  sendiri  terhadap air,          sedemikian rupa sehingga air membentuk seperti mur dan propeller membentuk seperti baut.              Semua ini membuat kapal melaju. Kuningan atau  maangan bertegangan tinggi adalah bahan yang      pada umumnya dipakai  untuk  kapal-kapal  kecil.  Sudu-sudu  dan  boss-nya  dituang  menjadi           satu kesatuan  dan  jumlah    sudu  umumya  4  atau  5  dipakai  untuk  kapal-kapal
  kecepatan tinggi dan bila diameter propellernya terbatas besarnya
    1).  Diameter  dari  propeller  didefinisikan  sebagai  diameter  per  putaran  dari
         suatu lingkaran yang dimulai dari ujungnya.
    2).  Pitch  propeller  adalah  suatu  jarak  yang  telah  ditempuh  oleh  suatu  titik
          kedudukan pada sudu selama 1 X putaran.
    3).  Besaran  Pitch  ratio  didefinisikan  sebagai  suatu  koefisien  dari  pitch  di  bagi
           dengan diameter, besarnya umumnya berkisar 0,55 - 0,75.



(f).  Bantalan Karet Dalam Air. (Under Water Under Bearing)
         Bantalan cutles dan bantalan kimia :
           Bahan  yang  alamiah,   lignumvitae  (salah satu bahan  kayu) dulu banyak dipakai
       sebagai bantalan  pada  tabung-tabung  stern  (stern  tubes),  akan  tetapi  akhir-akhir
       ini    bahan  mentah  kayu  menjadi  berkurang,  lagi  pula  type  ini  menghasilkan
       keausan yang kurang wajar dari waktu kewaktu, dan kesulitan lain adalah dalam
       mutu dan ketahanan yang tak sama /seragam.
       Sebab  itu,  pemakaian  bantalan    cutless  akhir-akhir  ini  menjadi  populer  untuk
       mesin-mesin  berputaran  menengah  dan  tinggi.  Bahan  ini  dibuat  dengan
       peleburan dan memasukkan karet lunak kelubang dalam tabung metal.  Beberapa
      alur  dalam  arah  longitudinal  dibentuk  pada  permukaan  karet  tersebut.  Hal  ini
       memberikan beberapa keuntungan-keuntungan sebagai berikut :
   
    1).  Tahan gesek antara metal dan karet dalam air kecil /ringan sekali
    2).  Gesekan yang kecil/ringan dan ketahanan yang tinggi.
    3).  Pasir,  lumpur  dan  lain-lain  bahan  akan  lumer  melalui  bagian  dalam  alur longitudinal.
    4).  Karet  yang  fleksibel    menyerap  partikel-partikel  luar  dan  tidak  membuat
          goresan pada metal poros  tersebut.

      Bantalan  karet  dalam  karet  ini  digunakan  pada  kapal-kapal  ikan  yang  kecil, bantalan  tehnikal  dikembangkan  lebih  lanjut.  Bantalan  ini  identik  dengan konstruksi bantalan  cutless, akan tetapi bagian tabung luarnya terbuat dari karet semical  atau  bahan  plastik  disamping  metal,  keuntungannya  adalah  ongkos produksi yang rendah disamping keuntungan-keuntungan yang lainnnya.







1 komentar: