Minggu, 24 Agustus 2014

TENTANG RENCANA UMUM Part 1

 RENCANA UMUM
ASSALAMU ALAIKUM WR.WB
Sahabat NAVAL sekalian, saya akan membagikan sedikit ilmu perkapalan yang saya dapatkan kepada teman-teman sekalian. pada postingan saya membahasa tentang rencana umum.ok langsung saja di baca ......  

Faktor yang berpengaruh thd Rencana Umum sebuah kapal antara lain :
• Untuk kapal kargo harus bisa dipastikan bahwa muatan yang direncanakan harus dimuat dengan biaya semurah mungkin didalam ruang muat yang didesain, juga harus bisa dipastikan muatan dalam keadaan yang baik ditempat tujuan dan dengan methode bongkar muat yang cepat dan ekonomis.

• Untuk kapal penumpang, cabin, ruang publik dan pelayanan kepada penumpang harus menunjang kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan sehingga memungkinkan para penumpang akan menggunakan kapal yang sama pada kesempatan yang akan datang

• Untuk kapal service harus dipastikan bahwa kapal mampu melaksanakan tugas servicenya secara efisien Desain General Arrangement harus mempertimbangkan kesesuaian dengan rencana garis yang telah dikembangkan, kesesuaian terhadap DWT, kapasitas dan kecepatan yang dibutuhkan.
General Arrangement digunakan untuk beberapa kegunaan, tidak hanya sekedar menunjukan jenis kapal dan featurenya , Galangan kapal juga menggunakan untuk membuat kalkulasi awal biaya pembangunan kapal serta sebagai dasar untuk membuat detail drawing.
    
        Kapal-kapal modern dengan bebrapa perkecualian seperti kapal ikan, kapal tunda dsbnya. Dibangun tanpa sheer, untuk menjamin kebutuhan freeboard yang disyaratkan oleh regulasi,
kompensasi bisa dilakukan dengan menambah tinggi geladak pada tengah kapal, kebutuhan freeboard yang lebih tinggi bisa dilakukan dengan menambah tinggi poop deck dan atau forecastle deck.
Tinggi geladak accomodasi tidak boleh kurang dari 2,4 meter untuk memastikan kecukupan head room untuk ABK atau penumpang setelah dikurangi tinggi beam serta kabel dan pipa ventilasi dll.
Geladak akomodasi sebaiknya dibangun tanpa camber untuk memudahkan pemasangan furniture, blok akomodasi sedapat mungkin dibangun dengan dinding yang lurus tanpa kurvature.
Pada sisi Poop deck harus terdapat ruang terbuka sebagai tempat berjalan dengan lebar 800 hingga 1000 mm ditambah 300 hingga 400 mm untuk penyimpanan tangga akomodasi.
Bagian belakang Poop deck harus terdapat ruang terbuka paling kurang 5 meter dari stern untuk memberi ruang yang cukup bagi penempatan mesin-mesin geladak pada bagian buritan, seperti capstan, bollard, winch, emergency exit ruang kemudi.

Bagian depan blok akomodasi biasanya merupakan penerusan dari sekat depan kamar mesin.
PEMBAGIAN LAMBUNG KAPAL
Lambung kapal dibagi secara melintang oleh sekat-sekat.
• Sekat tubrukan (Collision Bulkhead) pada stem(linggi haluan) berjarak (0,05 – 0,08) LBP dari FP, untuk kapal penumpang berjarak 0,05 LBP + 3,5 meter, sekat tubrukan harus menerus hingga main deck lebih lanjut hingga ke Fore castle deck, bukaan yang terdapat pada sekat antara main deck dan fore castle deck harus ditutup dengan pintu kedap air.

• Propeller post pada stern –ujung belakang dari bagian lambung bawah air- harus memberikan aliran air yang baik untuk propeller, Posisi propeller post yang sesuai berjarak antara 0,035 hingga 0,040 LBP didepan AP, pada bagian ini seringkali dibuat stern bulb untuk meningkatkan kinerja propelleratau bahkan bentuk stern asimetri.

• Sekat tabung poros (Stern tube bulkhead) sekat bagian belakang ruang mesin paling kurang harus berjarak 3 jarak gading dari ujung stern tube, sekat ini haris menerus hingga poop deck

• Sekat depan kamar mesin dilokasikan sejauh mungkin kebelakang untuk memberi kapasitas ruang muat yang lebih besar, pada umumnya lokasi sekat depan kamar mesin berjarak 17% hingga 22% didepan AP, lokais sekat ini pada satu sisi tergantung dari panjang mesin pada sisi lain tergantung pada fullness (kegemukan) kapal, kapal-kapal high blok(gemuk) memberikan ruang yang lebih besar pada lantainya dibanding dengan kapal langsing.

• Sekat ruang muat , jumlah sekat pada ruang muat tergantung pada tuntutan keamanan atau pemisahan muatan. Jumlah minimum sekat ruang muat termasuk sekat tubrukan, Stern tube bulkhead, sekat depan kamar mesin untuk
      • Panjang kapal 65 meter diperlukan 3 sekat (tidak diperlukan tambahan sekat di Ruang muat)
      • Panjang kapal 85 meter diperlukan 4 sekat (satu tambahan sekat pada ruang muat) selanjutnay
         untuk setiap penambahan panjang 20 meter diperlukan tambahan sekat 1 (satu) buah
      • Untuk tanker, menurut BKI/GL jarak antar sekat tangki tidal lebih dari 0,1 LBP dan tidak boleh
        kurang dari 15 meter.
• Double Bottom, Untuk kapal dengan panjang tidak lebih dari 50 meter tidak disyaratkan adanya
      Double bottom, untuk kapal yang besar klasifikasi mensyaratkan double bottom mulai dari sekat tubrukan hingga sekat tabung buritan (stern tube bulkhead) , tinggi Double bottom adalah h= 0,35 + 0,045 B, untuk alasan praktis dimana orang bisa bekerja didalamya, tinggi double bottom
paling tidak adalah 0,75 meter, untuk Tanker tinggi double bottom yang disyaratkan rule adalah h = B/15 namun harus tidak kurang dari 1 meter dan tidak lebih dari 3 meter. Pada kamar mesin, tinggi double bottom disesuaikan dengan dengan kebutuhan tinggi fondasi mesin, pada umumnya lebih tinggi dibanding double bottom yang ada di ruang muat.
 • Penggunaan Double Bottom, Ruang double bottom bisa digunakan untuk air tawar, ballast, bahan bakar dan waste oli tetapi tidak untuk air minum, Minyak pelumas hanya dapat disimpan di double bottom bila kapal memiliki separator (purifier) untuk menghindari kontaminasi air laut dan atau kotoran lainnya. Semua tangki ballast harus bersih, tidak bisa digunakan untuk untuk bahan bakar atau minyak pelumas, antara tangki minyak dan tangki air harus dipisahkan oleh koferdam untuk menghidari kontaminasi akibat kebocoran, Peak tanks (tangki ujung) depan dan belakang hanya digunakan sebagai tangki ballast dan tangki trim.
• Main deck, area antara sekat depan blok akomodasi dan sekat tubrukan digunakan untuk lubang palka (cargo hatches) dan rumah geladak (deck houses), lubang palka harus memiliki panjang total sebesar 0,5 LBP, lebar lubang palka dibuat selebar mungkin untuk memudahkan bongkar muat dan menghindari kerusakan muatan, lebar palka 0,8 Bmld harus bisa dicapai. Tinggi lubang palka (hatches) ditentukan oleh type penutup palka (hatch cover), type cargo dan total volume
cargo yang diinginkan, tinggi minimum hatch sekitar 1,1 meter, panjang hatch (lubang palka), panjang ruang penyimpanan hatch cover (penutup palka), gang (walkways) dari sisi kiri kapal (port side) ke sisi kanan kapal (starboard side), dan panjang rumah geladak (deck house) harus didesain secara layak/sesuai.
• Lebar geladak (deck) pada ujung-ujung kapal, Fore castle deck harus memiliki lebar yang cukup untuk instalasi windlass dan mesin-mesin/peralatan lainnya yang berhubungan dengan mooring (penambatan) dan anchoring (jangkar), kebutuhan lebar fore castle akan tercukupi bila gading (frame) 5% LBP dibelakang Fpmemiliki lebar pada fore castle selebar (0,5 hingga 0,6) Bmld. Poop deck akan memiliki lebar yang cukup bila pada ujung belakang geladak memiliki lebar (80% hingga 95%) Bmld.

• Jarak Gading (Frame spacing), BKI 1996 vol II, jarak gading normal/main frame (ao) untuk daerah 0,1 dari sekat tubrukan dan sekat buritan, untuk LBP < 100 m adalah
􀂃 ao = L/500 + 0,48 (meter), biasanya diambil 0,6 meter.



Terima kasih telah berkunjung. saya akan melanjutkan materi diatas di postingan berikutnya.
ENJOY.......................
waalaikum salam




Tidak ada komentar:

Posting Komentar